SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

logo-logo

Tari Bedoyo Putri Mojosakti mencuri perhatian dalam gelaran tahunan Majapahit Festival (MajaFest) 2023 dengan mengukir prestasi gemilang. Sebanyak 509 penari Bedoyo Putri Mojosakti berhasil mencatatkan diri dalam buku Rekor MURI sebagai tarian asli yang berasal dari Kabupaten Mojokerto.

Pentas spektakuler ini menjadi bagian tak terpisahkan dari rangkaian acara MajaFest 2023, diselenggarakan pada 3-5 Agustus 2023. Para penari Bedoyo Putri Mojosakti, yang terdiri dari siswi-siswi 21 SMA/SMK di seluruh Kabupaten Mojokerto, termasuk putri dari SMKN 1 Jetis, berhasil memukau penonton dengan penampilan yang penuh kekompakan. Bahkan, tiga tokoh kunci Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina Fahmawati, Ketua DPRD Ayni Zuroh, dan Kajari Sulvia Triana Hapsari, turut serta dalam pemecahan rekor MURI ini.

Dalam kostum khas Majapahit yang mencolok, dengan tambahan selendang warna-warni, para penari Bedoyo Putri Mojosakti memberikan sentuhan visual yang memukau. Bupati Ikfina merasa bangga dengan partisipasi luar biasa masyarakat Kabupaten Mojokerto dalam kegiatan ini.

Tarian Bedoyo Putri Mojosakti bukan hanya sebuah pertunjukan seni, tetapi juga menjadi wujud pelestarian warisan budaya Kerajaan Majapahit. Bupati Ikfina secara resmi mengukuhkan tarian ini sebagai rekor dunia, menjadikannya tarian asli yang berasal dari Kabupaten Mojokerto.

Bupati Ikfina optimistis bahwa Tari Bedoyo Putri Mojosakti dapat menjadi ikon yang sebanding dengan Tari Gandrung dari Banyuwangi. Ia berharap tarian ini tidak hanya mendapatkan apresiasi sebagai rekor MURI, tetapi juga diakui sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Mojokerto.

Filosofi di balik Tari Bedoyo Putri Mojosakti menjadi kisah menarik tersendiri. Melambangkan perempuan dengan peran ganda, baik dalam lingkup domestik maupun untuk kepentingan bangsa dan masyarakatnya. Bupati Ikfina juga menekankan keaslian tarian ini, yang diciptakan oleh guru tari asli Kabupaten Mojokerto, menandakan kepemilikan dan keaslian tarian yang tak diragukan.

Dengan rencana menggelar acara serupa yang melibatkan lebih banyak penari, Bupati Ikfina berharap Tari Bedoyo Putri Mojosakti terus berkembang. Selain menjadi bagian dari upaya pelestarian seni budaya, MajaFest 2023 diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, termasuk putri dari SMKN 1 Jetis yang turut ambil bagian dalam kesuksesan tarian ini.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *